Obama Tunda Lagi ke Indonesia

Friday, March 19, 2010

DETIK.COM - Meski Presiden AS Barack Obama menunda kedatangan ke Indonesia, pro-kontra kehadirannya masih terus berlangsung. Namun Gerakan Facebook 'Turunkan Patung Barack Obama di Taman Menteng' menolak jika disebut ikut menolak kedatangan Obama.

"Soal grup itu, banyak yang nyangka kita juga antikedatangan Obama. Padahal kita cuma berusaha ingin mengingatkan kepada pemerintah dan publik di Indonesia supaya tidak terlalu berlebihan menyikapi sebuah persoalan, termasuk terhadap Obama dan Amrik sekalipun," kata salah satu penggagas gerakan tersebut, Heru Nugroho saat berbincang dengan detikcom, Jumat (19/3/2010).

Ia mengkritisi sikap banyaknya warga Indonesia yang berlebihan dalam mempersiapkan kedatangan Obama. Dengan penundaan hingga dua kali, menurut Heru, terbukti kedatangan Obama ke Indonesia bukanlah sesuatu yang spesial.

"Ternyata juga persoalan Indonesia bukan prioritas bagi Obama. Kita nggak perlu merasa rendah diri," tegasnya.

Heru bercerita, beberapa hari setelah ada berita Obama akan datang ke Indonesia, facebook serta email dirinya mendapat banyak pertanyaan. Orang-orang tersebut mempertanyakan sikap Heru yang dianggap menentang kedatangan Obama.

"Banyak yang kirim email ke saya, nanya-nanya kenapa nolak Obama, setelah saya balas, nggak ada lagi email itu," tegasnya.

Obama awalnya dijadwalkan berkunjung ke Indonesia pada 20 Maret lalu. Tapi kemudian kunjungan itu diundur menjadi 23 Maret. Namun akhirnya kunjungan tersebut dibatalkan dan menurut Gedung Putih akan dilakukan pada pertengahan Juni mendatang.

0 comments:

Post a Comment